Mari Belajar Beberapa Istilah Dalam Dunia Asuransi Indonesia

Di dunia modern, banyak inovasi atau terobosan yang diusung untuk memberikan perubahan pada tatanan kehidupan manusia. Beberapa inovasi tersebut diharapkan mampu mengangkat kualitas kehidupan seseorang. Seperti adanya asuransi yang diharapkan mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia. Ada istilah dalam dunia asuransi yang harus dipahami oleh kita semua.

Beberapa istilah tersebut memang harus dipahami terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan. Seperti beberapa istilah berikut yang mungkin saja belum pernah kalian dengar sebelumnya. Lalu, apa saja sih istilah yang ada dalam dunia asuransi selama ini?

Istilah dalam dunia asuransi yang harus kita tahu.

Polis asuransi.

Istilah dalam dunia asuransi pertama yang harus kita tahu yaitu polis asuransi. Seperti yang telah kita tahu bahwa asuransi merupakan kesepakatan dua belak pihak yaitu perusahaan asuransi dan nasabah. Nah, yang perlu kita tahu yaitu istilah polis asuransi ini merupakan istilah yang disematkan pada perjanjian itu sendiri. Dalam kata lain polis asuransi yaitu perjanjian oleh dua belah pihak yaitu perusahaan dan nasabah.

Setiap jenis asuransi yang melibatkan perjanjian dua belah pihak pasti disebut polis asuransi. Dalam polis asuransi tersebut terdapat persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak yang terkait agar terjalin kesuksesan. Terdapat pula beberapa hak yang akan diterima oleh kedua belah pihak tersebut. Polis asuransi ini termasuk ke dalam dokumen hukum yang kuat sehingga harus dipenuhi dengan baik.

Premi asuransi.

Istilah dalam dunia asuransi kedua yang bisa kalian pelajari yaitu istilah premi asuransi. Pemegang polis diwajibkan membayar iuran dengan jumlah yang telah ditentukan. Nah, iuran tersebut yang disebut premi asuransi untuk mendapatkan hak sepenuhnya dari perusahaan asuransi tersebut. Premi di sini ditetapkan sebagai pengalihan resiko jika kita dihadapkan pada situasi yang sangat sulit.

👉 TRENDING:  Manfaat Bank Untuk Masyarakat

Sehingga istilah premi asuransi menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh pihak perorangan atau pemegang polis asuransi. Sedangkan jumlah dari premi tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk cakupan perlindungan yang mana ditanggung oleh pihak perusahaan. Selain itu, usia tertanggung juga menjadi faktor besar kecilnya jumlah premi yang harus dibayar. Jadi itu dia istilah kedua yang harus kita tahu dari asuransi.

Klaim.

Istilah dalam dunia asuransi ketiga yang harus kita tahu yaitu istilah klaim. Di era modern ini tentu kita tidak asing lagi dengan istilah klaim tersebut, lebih-lebih dunia digital yang semakin canggih. Namun apakah kalian tahu apa itu istilah klaim dalam dunia asuransi? Untuk mendapatkan jawaban lengkapnya kalian harus mengikuti artikel kali ini hingga selesai. Berikut penjelasannya.

Klaim sendiri berarti sebuah tuntutan yang dilayangkan oleh tertanggun atau pemegang polis terhadap perusahaan asuransi. Tuntutan tersebut tentunya sudah sesuai dengan apa yang tertulis dalam polis asuransi. Salah satu contohnya yaitu, jika kita memiliki asuransi kesehatan kemudian kita sakit dan harus dirawat, maka kita bisa mengajukan klaim agar perusahaan asuransi menanggung pembiayaan tersebut.

Lapse.

Istilah dalam dunia asuransi keempat yang harus kita pahami bersama yaitu lapse. Kita pastinya telah paham akan istilah polis dan juga premi di atas, untuk itu kita harus menjalankan kewajiban sebagai tertanggung dengan benar. Sebab jika kita tidak menjalankan kewajiban seperti membayar premi, maka akan terjadi lapse ini yang mana merupakan bentuk pembatalan dalam perjanjian polis asuransi.

Nah, lapse sendiri disebabkan oleh kelalaian kita sebagai tertanggung dalam pembayaran premi setiap bulannya. Sehingga kita akan kehilangan proteksi atau hak dari perusahaan jasa asuransi tersebut. Ketika sebuah kemungkinan resiko terjadi ketika asuransi berstatus lapse, maka pihak perusahaan tidak akan menanggung apa pun. Jadi itu dia istilah keempat yang harus kita tahu dari asuransi.

👉 TRENDING:  Kenali Jenis Asuransi yang Ada dan Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan yang Anda Miliki

Cuti premi.

Istilah dalam dunia asuransi kelima yang wajib kita tahu yaitu istilah cuti premi. Dalam polis asuransi, tertanggung memang diwajibkan membayar premi setiap bulan untuk mendapatkan proteksi dari perusahaan. Namun ada waktu tertentu yang memperbolehkan tertanggung tidak perlu membayar premi tersebut, tentunya tanpa kehilangan berbagai proteksi yang akan didapatkan.

Sejatinya, cuti premi ini bukan berarti pemegang polis tidak perlu membayat premi sama sekali. Cuti premi berlaku bagi tertanggung yang memiliki fitur inversati seperti unit link yaitu untuk membayar premi tersebut. Nah, bila nilai tunai yang dimiliki pemilik polis telah habis, maka pembayaran premi akan berjalan seperti sedia kala. Jadi itu dia istilah kelima dalam dunia asuransi yang harus kita tahu.

Dari sekian banyak istilah dalam dunia asuransi di atas, mungkin saja menjadi istilah yang baru saja kalian dengar untuk pertama kalinya. Sehingga adanya artikel ini benar-benar sesuai dengan tujuan awal yaitu ingin memperkenalkan istilah dalam dunia asuransi. Dengan begitu akan semakin banyak masyarakat yang memahami apa saja yang ada dalam dunia asuransi sehingga tidak lahir stigma buruk.