Ketahui Tips Memilih Asuransi Pendidikan untuk Anak dengan Benar

Siapa yang tidak ingin anaknya memiliki pengalaman dan jenjang pendidikan yang tinggi. Hampir semua orang tua ingin anaknya bisa mendapatkan jenjang pendidikan yang baik untuk masa depan yang lebih baik. inilah kenapa penting memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anak.

Asuransi pendidikan banyak dipilih karena memberikan perlindung keuangan sehingga anak bisa menyelesaikan pendidikan tanpa terkendala biaya. Asuransi ini cocok untuk orang tua yang khawatir biaya pendidikan anak terlampau mahal dan mengalami kenaikan tiap tahunnya.

Sebelum Anda memilih dan mendaftar asuransi pendidikan, ada baiknya Anda tahu pengertian, konsep dan bagaimana teknis dari asuransi ini. Simak penjelasannya berikut ini untuk memudahkan pemahaman Anda.

Apa Manfaat Asuransi Pendidikan?

Manfaat asuransi pendidikan cukup besar, apabila Anda memilih asuransi pendidikan dengan benar, ada banyak benefit yang akan Anda dapatkan. Beberapa diantaranya adalah:

Menjamin Pendidikan Anak

Anda tak perlu khawatir mengenai pendidikan anak dan biayanya. Asuransi ini secara khusus akan membantu Anda menjamin pendidikan anak, sehingga mereka mendapatkan porsi pendidikan yang cukup.

Alokasi Dana Pendidikan yang Tertata

Banyak keluarga yang tak mampu melanjutkan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi karena terkendala biaya. Biaya pada asuransi pendidikan akan membuat alokasi dana sudah terjadwal dengan khusus sehingga meringankan keluarga.

Menghindari Terjadi Perubahan Ekonomi

Memilih asuransi pendidikan akan membantu keluarga jika status ekonominya berubah. Perubahan ini tetap tidak akan membuat anak mengorbankan pendidikannya hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

👉 TRENDING:  Daftar Bank Terbaik di Indonesia untuk Menabung

Urusan Pendidikan Lebih Mudah

Apabila orang tua meninggal dunia, maka urusan pendidikan anak tetap akan terjamin dengan baik. Biaya pendidikan tetap bisa tercover tanpa perlu khawatir akan masa depan anak.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Sudah tertarik untuk mendaftar produk asuransi pendidikan karena melihat benefit yang nantinya akan didapatkan? Sebelum itu, Anda harus tahu tips memilih jenis asuransi ini agar tidak merugikan Anda ke depannya.

Ketahui Dana yang Dimiliki

Memilih asuransi pendidikan tidak boleh dilakukan asal asalan. Pastikan Anda memilih produk asuransi yang preminya sesuai dengan kemampuan ekonomi yang Anda miliki. Ketahui sumber dana yang akan Anda gunakan untuk membayar premi bulanan asuransi tersebut.

Pertimbangkan Dana

Jika Anda merasa premi asuransi ini terlalu besar, Anda bisa pilih asuransi dengan premi paling rendah sesuai kemampuan. Sisihkan gaji bulanan untuk membayar premi sehingga tidak akan menyulitkan Anda ke depannya.

Perkirakan Pengeluaran Lain

Biaya pendidikan anak tidak hanya terbatas pada SPP semester saja. Untuk anak sekolah, ada biaya buku dan biaya seraga, Sedangkan di jenjang perguruan tinggi, anak kadang harus hidup berpisah dengan orang tua.

Karena itulah, sebelum memilih asuransi pendidikan harus bisa memperkirakan pengeluaran lain. Apalagi biaya pendidikan anak terus naik setiap tahun karena inflasi dan pengeluaran tambahan lain.

Tentukan Tujuan yang Spesifik

Akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki tujuan yang spesifik sebelum memilih asuransi tersebut. Misalnya ingin anak lulus sebagai sarjana atau menjadi magister. Dengan memilih tujuan yang spesifik, Anda bisa memperkirakan berapa dana premi yang nantinya Anda harus bayarkan.

Pilih Lembaga yang Legal

Jangan tergoda dengan lembaga asuransi yang menawarkan keuntungan tidak masuk akal kepada nasabahnya. Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang memang legal dan terpercaya.

👉 TRENDING:  Cara Menabung di Bank untuk Masa Depan

Pilih yang sudah berpengalaman dan memang memiliki riwayat yang baik dalam bidang investasi dan asuransi. Kalau perlu, lakukan riset untuk membandingkan satu perusahaan asuransi dengan yang lain sebelum memilih asuransi pendidikan.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan di Indonesia

Manulife

Manulife menyediakan asuransi pendidikan dengan premi mulai 1 juta per bulannya. Jaminan yang diberikan Manulife adalah pendidikan anak terpenuhi biayanya tanpa khawatir kendala dana.

Mandiri

Bank Mandiri juga menyediakan layanan asuransi pendidikan yang bisa Anda pertimbangkan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan resiko cacat, jaminan uang sekolah atau kuliah serta bonus loyalty.

BNI

Masih bank lokal di Indonesia, BNI juga memberikan layanan asuransi khusus pendidikan. Memilih asuransi pendidikan di BNI sebagai bentuk investasi pendidikan untuk anak juga tidak sulit. Preminya bisa disesuaikan denga kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Prudential

Anda tentu tidak asing dengan Prudential, perusahaan asuransi ini memberikan premi yang terjangkau mulai dari 500 ribu per bulan. Premi ini akan membantu anak memenuhi kebutuhan pendidikan tanpa khawatir masalah biaya.

Memilih asuransi memang perlu diperhatikan matang matang. Jika salah, bukannya benefit yang akan Anda dapatkan, namun kerugian karena terjerat perusahaan investasi dan asuransi bodong yang tidak bertanggung jawab.

Semoga informasi mengenai cara memilih asuransi pendidikan bisa memberikan manfaat untuk pembaca. Jika Anda tertarik menggunakan asuransi ini, konsultasikan dengan perusahaan asuransi yang sudah Anda pilih sebelumnya, semoga bermanfaat!