Tips Memilih Asurasi Mobil agar Tidak Rugi

Memiliki mobil memang menjadi idaman banyak orang. Jika sudah memiliki mobil, Anda tentu ingin memberikan perlindungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih asuransi mobil yang terpercaya.

Asuransi mobil harus dipilih benar benar agar tidak rugi ke depannya. Untuk Anda yang ingin menggunakan asuransi jenis ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

Cara Memilih Asuransi Mobil yang Benar

Melakukan Survei

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan survey sebelum melakukan pembelian asuransi. Survey bisa dilakukan dengan membandingkan berbagai pilihan asuransi mobil di internet.

Anda juga bisa bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah pernah menggunakan asuransi semacam ini. Memilih asuransi mobil yang benar tidak hanya akan membuat mobil aman, tapi juga akan menguntungkan ke depannya.

Pilih Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kadang dengan banyaknya asuransi mobil, nasabah tertarik untuk menggunakan lebih dari satu produk. Jika budget Anda kecil, pilih satu asuransi sehingga tidak memberatkan Anda ketika membayar premi.

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa Anda gunakan, misalnya asuransi all risk atau TLO. Meskipun serupa, namun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok terkait dengan sistem yang ditawarkan.

Untuk asuransi model TLO, Anda akan mendapatkan ganti dana jika kerusakan mobil diatas 75 persen. sedangkan untuk all risk, segala kerusakan akan menjadi tanggung jawab perusahaan. Memilih asuransi mobil salah satu diantara kedua jenis tersebut bisa Anda pertimbankan.

👉 TRENDING:  Berbagai Macam Asuransi Kendaraan Bermotor yang Bisa Anda Pilih Untuk Kendaraan

Baca dengan Seksama Kontraknya

Sebelum setuju untuk menggunakan asuransi tersebut, Anda harus memperhatikan kontrak kerja sama mengenai asuransi tersebut. Sekali kontrak tersebut Anda tanda tangani, Anda akan menyetujui berbagai ketentuan di dalamnya.

Beberapa aspek yang bisa Anda perhatikan dengan teliti adalah teknis pembayaran premi, klaim asuransi, hingga perjanjian lain di dalam kontrak tersebut. Minta bantuan ahli jika Anda merasa kesulitan memahaminya.

Pilih yang Memiliki Rekanan Kerja Sama yang Luas

Karena memilih asuransi mobil biasanya sekaligus dengan pemilihan bengkel, Anda sebaiknya memilih perusahaan yang memiliki rekanan kerja luas. Tidak hanya banyak, namun juga memiliki kualitas yang baik dan terlisensi secara resmi.

Hindari perusahaan yang menggunakan bengkel non-resmi tidak jelas sebagai rekan kerja sama. Jika sembarangan, kemungkinan keamanan mobil Anda ketika diservis atau mengajukan klaim malah akan merugikan Anda.

Selain banyaknya rekanan bengkel yang diajak kerja sama, pilih pula perusahaan yang bengkelnya bisa diakses dengan mudah. Lokasi bengkel yang strategis bisa menjadi poin plus yang Anda pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi.

Memilih Asuransi Mobil dengan Akses Pelayanan yang Lengkap

Aspek lain yang bisa Anda perhatikan ketika memilih asuransi mobil adalah akses pelayanan yang diberikan. Ini menjadi faktor penting yang akan membuat kualitas dan layanan asuransi mobil memberikan benefit bagi nasabah.

Akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan asuransi yang bisa dihubungi dengan mudah dan memberikan layanan CS yang memuaskan. Jadi jika ada pertanyaan atau Anda ingin mengajukan klaim, prosesnya bisa lebih ringkas.

Pilih yang Legal dan Terpercaya

Ada banyak perusahaan yang saat ini menyediakan pilihan produk asuransi untuk digunakan. Namun pastikan perusahaan yang Anda pilih merupakan perusahaan yang legal dan terpercaya.

👉 TRENDING:  Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Menggunakan perusahaan asuransi mobil yang ilegal tidak akan memberikan keuntungan apapun untuk Anda. Malahan banyak yang akan merugikan Anda karena klaim yang diajukan tidak bisa dipenuhi.

Sebelum memilih asuransi mobil, Anda bisa melakukan penelusuran mengenai legalitas perusahaan yang dipilih. Kalau perlu, tanya kepada teman atau saudara yang berpengalaman di bidang ini.

Cara Mendaftar di Asuransi Mobil

Keuntungan menggunakan asuransi mobil tentunya besar dan memberikan benefit untuk nasabahnya. Selain itu asuransi ini bisa menjadi pengaman untuk mobil kesayangan Anda selama penggunaannya.

Jika tertarik menggunakan asuransi mobil, ada baiknya Anda mendaftar sebagai nasabah mulai dari sekarang, caranya juga tidak sulit, berikut adalah panduannya.

  • Cari informasi mengenai perusahaan asuransi dan produk asuransi yang ingin Anda gunakan.
  • Memilih asuransi mobil yang disediakan oleh perusahaan tersebut.
  • Lengkapi dokumen yang diminta, jika dalam tahap ini Anda kesulitan melakukannya, silahkan tanya ke bagian customer service.
  • Berikutnya adalah survey kendaraan, petugas asuransi akan melakukan survey dan menyetujui pengajuan Anda.
  • Proses pembuatan asuransi akan dilakukan, Anda hanya perlu menunggu sampai polis tersebut jadi.
  • Langkah terakhir adalah pembayaran premi. Pastikan Anda membayarnya secara rutin untuk menghindari denda maupun bunga.

Anda yang masih bingung dengan asuransi ataupun teknis pendaftarannya, bisa langsung bertanya pada CS perusahaan asuransi yang Anda pilih. Tidak hanya akan memberitahukan Anda pilih asuransi yang cocok, Anda juga bisa bertanya mengenai asuransi tersebut.

Informasi dan ringkasan mengenai memilih asuransi mobil diatas semoga bisa membantu Anda. memberikan perlindungan pada mobil menjadi kewajiban pemiliknya.